Tips Perawatan VESPA



Tips Perawatan VESPA ~ Sebenarnya merawat vespa itu tidaklah sulit. Asalkan rajin dan tidak bosan untuk merawatnya. Kalau kata orang orang vespa itu udah tua musti sering sering dielus dan diperhatiin. Kalo tidak nanti dia ngambek. Entah tidak mau hidup, mesin berebet, gak ada larinya, busi cepat rusak, dan lain lain.

Saya ingin membagi sedikit saja pengetahuan apabila ada yang salah mohon dikomentari agar saya tau mana yang bener, dan saya minta maaf kalo saya salah.

PERAWATAN VESPA

Kalo siBAHENOL sukar hidup (ngeberebet), biasanya adanya
gangguan pada :
1. Sistem penyaluran bahan bakar
2. Bagian pengapiannya yang nggak bekerja sempurna.

Penyebabnya biasanya
1. Mesin banjir;
2. spuyer/saluran karburator tersumbat/kotor
3. keran bensin (fuel cook) tersumbat/kotor,
4. pengapian terganggu (pake CDI apa pake platina).

SEDIKIT TIPS PERAWATAN
  1. Periksa bagian bensin apakah masih terisi cukup.
  2. Buka tutup mesin, kemudian periksa saluran bensin perhatikan apakah jalannya bensin ke karburator tersumbat.
  3. Jika karbu bermasalah "banjir/ngocor" Tutup keran bensin, copot businya.
  4. Cek Pengapian lewat busi, apakah bagian pemantik apinya bersih, ampelas sedikit bagian kepala busi bila kotor yang biasanya kotoran itu karena tertutupi oli. Kotornya busi itu menyebabkan bunga api lemah atau berwarna merah.
  5. Bisa juga busi tidak nyala/nggak normal di antaranya karena busi nggak sesuai/rusak,celah busi standarnya sekitar 0,6 mm.
TIPS-TIPS LAIN
  1. Ganti oli dan servis mesin setiap 1500 km (kalau ditanya mau diganti pakai oli apa, jawab aja oli yang biasa).
  2. Selalu cek dan peka terhadap tali kopling dan tali perseneling. Kalau ketika mau berangkat merasa tali koplingnya terlalu kendor, atau sudah terasa rasa ingin putus, segera ganti atau stel ulang supaya ketika dalam perjalanan kita nyaman membawa vespa kesayangan kita.
  3. Kalau vespa susah hidup dan jika hidup lalu mati, selalu cek businya. Dan untuk jaga-jaga bawalah busi cadangan sekitar 1 sampai 2 busi. Dan jangan lupa juga bawa kunci busi untuk membuka businya.
  4. Jangan sampai kekurangan oli samping. Sebagai motor 2 tak, oli samping adalah perkara yang sangat penting. Pastikan takaran oli samping yang kita masukkan cukup sesuai dengan bensin yang kita isi. Apa penyebabnya bila kekurangan oli samping ? Akibatnya cukup fatal, kalau kekurangan oli samping maka seher kita akan sering ceket, dan bisa mengakibatkan blok mesin kita lecet. Kalau lecetnya sudah parah maka kita dianjurkan untuk mengkorter ulang bloknya ke seher yang lebih besar. 
  5. Jika knalpot sudah terdengar bunyinya tidak seperti biasanya dan tidak enak, segera ganti atau bobok knalpot oleh yang ahli. Gejala ini biasanya terjadi sekitar 8 bulan. Itu terjadi karena penumpukan oli campur tadi di knalpot.
  6. Jangan isi bensin sembarangan. Isilah selalu di SPBU.
  7. Jika rem sudah tidak bekerja lagi, biasanya adalah kanvasnya udah aus atau sudah habis. Harga kanvasnya kisaran 35 ribuan. Kalau sudah ganti kanvas rem masih tidak berfungsi dengan baik coba cek buka lagi tromolnya apakah terdapat oli oli yang menempel di dalam tromol, kalau ada segera bersihkan dan kemungkinan yang salah adalah sil roda sobat bocor sehingga oli mesinnya keluar ke tromol. Solusinya sobat bisa ganti silnya. Kalau sudah dipastikan silnya sudah tidak bocor maka kemungkinan tromolnya yang sudah terlalu lebar. Solusi sementara bisa diganjal plat ketika memasang kanvas remnya. Tapi ingat ini hanya sementara, bukan sementahun (hehehe). Solusi yang tepatnya adalah sobat ganti tromol dengan tromol yang masih bagus agar rem dapat berfungsi dengan maksimal. 

Untuk sekedar info aja ::

Vespa saya itu PS. Saya pakai tiap hari untuk berangkat sekolah Depok - Rawamangun. Alhamdulillah mesin masih sehat sehat selalu. 

Setelah saya servis servis segala macem saya ingin kasih info aja buat pengetahuan nih.
Harga harganya ::
  1. kanvas rem :: 35 rb
  2. saklar lampu :: 95 rb
  3. karet shock :: 5 rb
  4. baut baut :: kisaran seribu sampai 5 rb
  5. ban dalem :: sekitar 40 rb
  6. ban luar :: kisaran 140 rb
  7. lampu 2  :: 15 rb
  8. lampu 1  :: 3 rb
  9. handling :: 12 rb
  10. kran bensin :: 40 rb
  11. lampu sen satu paket :: 50 rb
  12. mika lampu sen :: 15 rb
  13. Lampu belakang satu paket :: 50 rb
  14. as ayun :: 35 rb
  15. spuyer :: 10 ribuan
Mungkin ada sesepuh vespa yang lebih tau mohon koreksiannya. Sekian itu aja dari saya semoga bermanfaat. 

~SALAM MESIN KANAN~


Previous
Next Post »

13 comments

Click here for comments
Unknown
admin
11 Agustus 2015 pukul 12.01 ×

oli mesin yg bagus untuk PS apa bro?

Reply
avatar
14 September 2015 pukul 10.01 ×

maaf lama responnya bro.. hehe
saya jawab sesuai dengan pengetahuan saya ya. Biasanya untuk oli mesin vespa standaran cukup dgn make oli mesin merk GGI, tapi masih banyak jenis jenis oli mesin lain yang bagus, bagus itu relatif menurut ane bro, ada oli mesin castrol power1, prima xp pertamina, dll. Menurut info info yang saya baca standar olinya tuh SAE 30. sekian masbro kalo ada salh info mohon ditegur yaa.. Thanks udah mampir sebelumnya bro :-D

Reply
avatar
Unknown
admin
8 Februari 2016 pukul 22.39 ×

Kalo oli samping yang bagus untuk vespa corsa saya apa ya gan ? Maaf masih newbie

Reply
avatar
Unknown
admin
11 Februari 2016 pukul 16.11 ×

Kalo busi pasangannya NGK fos1 itu tarikannya lemah,tapi kalo pake busi besar[drat panjang] itu malah bagus tarikannya mas,itu kenapa yach mas? Mohon info nya mas...

Reply
avatar
Unknown
admin
11 Februari 2016 pukul 16.37 ×

Tambahan mas,Sekarang nya kalo pake busi NGK fos1 drat pendek malah gk mau hidup mas,padahal busi itu busi bawaannya,saya takut kalo pake busi besar[denso drat panjang] nanti berpengaruh sama mesinnya mas,jadi mohon solusinya mas...

Reply
avatar
Unknown
admin
21 Oktober 2016 pukul 10.39 ×

Untuk busi drat pendek itu busi dingin dan drat panjang itu busi panas. Saya pake drat panjang krn sy tinggal di daerah dingin dan sekali starter langsung hidup. Oli samping jangan sampe kosong nanti piston atau silinder blok cepet aus. Mohon koreksi kalo kurang lengkap.
Salam .

Reply
avatar
Unknown
admin
21 Oktober 2016 pukul 10.53 ×

Tips agar kabel kopling, kabel rem dan kabel speedometer awet dan lancar, semprotkan WD40 ke selongsong kabel sebelum dipasang, saya sdh bertahun tahun gak ganti2 kabel, tetap awet dan ringan.
Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
21 Oktober 2016 pukul 14.14 ×

Mantap.. :-bd Makasih Bro Tambahannya... :-d

Reply
avatar
21 Oktober 2016 pukul 14.15 ×

Mantapp... :-d :-d :-bd

Reply
avatar
Unknown
admin
23 Desember 2016 pukul 00.12 ×

mau nanya nih bang maklum masih newbie,motor ane suka2 mati kaya bensin ngerest bang kalo boncengan ber2 tapi kalo sendiri jarang mati malah hampir gak pernah,itu kenape ya bang?

Reply
avatar
Unknown
admin
13 Februari 2017 pukul 11.01 ×

Maaf bang klo oli samping yang paling cocok untuk vespa exclusive 2 merk apa ya bang???
Tolong bantuannya

Reply
avatar
Unknown
admin
13 Februari 2017 pukul 11.02 ×

Maaf bang klo oli samping yang paling cocok untuk vespa exclusive 2 merk apa ya bang???
Tolong bantuannya

Reply
avatar

Silahkan berkomentar sesuka anda. Tapi jangan menaruh link hidup ConversionConversion EmoticonEmoticon